Senin, 27 Juli 2015

Memelihara Kesehatan Hati


Memelihara Kesehatan Hati


 

Memelihara Kesehatan Hati - Sering kita dengar memlihara lebih baik dari pada mengobati, istilah itu memang tepat. Kesehatan tubuh harus selalu dipelihara agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Kali artikel ini akan membahas tentang Memelihara Kesehatan Hati. Berikut penjelasannya.

Memelihara Kesehatan Hati

  1. Hindari konsumsi alkohol. Liver berfungsi untuk menyaring racun dari tubuh. Tapi, fungsi hati ini bisa terganggu bila Anda mengonsumsi alkohol, terutama dalam jumlah besar. Maka itu, stop konsumsi alkohol bila ingin liver Anda sehat.
  2. Batasi konsumsi makanan tinggi lemak. Hindari makanan cepat saji untuk menjaga liver tetap dalam kondisi baik. Kontrol berat badan secara rutin, karena obesitas, seperti diabetes, bisa jadi pemicu penyakit hati. Perhatikan makanan Anda, jangan menyantap makanan sembarangan. Hal ini bisa mengurangi fungsi hati melalui akumulasi racun dan lemak dalam tubuh.
  3. Jangan berlama-lama berada di lingkungan beracun. Hati menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh. Tetapi, jika kapasitasnya sudah penuh, maka hati bisa tidak berfungsi untuk menjadi filter. Kurangi ekspos terhadap polutan umum seperti asap rokok atau asap cat.
  4. Ikuti aturan hidup bersih. Rajin cuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah makan atau setelah dari toilet. Jangan minum air dari peralatan yang digunakan orang asing, sebelum benar-benar mencucinya secara baik.
  5. Melindungi diri terhadap virus hati. Untuk menghindari kontak dengan virus hati, Anda harus mengambil langkah-langkah tertentu untuk memproteksi diri dari benda-benda yang terinfeksi: seks aman, hindari tato, dan memakai narkotika suntik.
  6. Pemeriksaan kesehatan secara teratur. Seringkali penyakit hati ditemukan secara tidak sengaja atau di saat Anda memeriksaan penyakit lain. Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium setiap tahun untuk mengetahui kondisi hati sekaligus mendeteksi penyakit hati tahap awal.
  7. Pijat. Memang nikmat jika dipijat akibat lelah kerja atau beraktivitas seharian. Sama seperti hati, pijatan di area dekat hati dan kantung empedu berguna untuk membantu proses peraliran atau sirkulasi darah ke hati dan fungsi hati akan lebih optimal dalam bekerja.

Untuk memelihara kesehatan hati, dianjurkan mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini:
  1. Konsumsi Sayuran. Beberapa sayuran ada yang tepat untuk menjaga kesehatan hati. Bawang dan brokoli adalah sayuran yang sama-sama menyimpan belerang dalam porsi lebih yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong kemampuan hati dalam mendetoksifikasi racun.
  2. Minum Air Lemon. Untuk membantu proses detoksifasi hati, buat minuman yang berasal dari air putih dengan campuran air perasan lemon. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu kinerja empedu dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Cara membuatnya adalah mencampur air perasan lemon kedalam air putih lalu diminum secara rutin tiap hari.
  3. Buah Anggur. Buah anggur jarang dijadikan sebagai jus mampu menghalau karsinogen dan racun dengan membantu fungsi hati untuk melakukan proses kimiawi.
  4. Bawang Putih. Enzim dalam hati dapat aktif dengan bawang putih sehingga membuat hati lebih efisien dalam proses penyaringan racun.
  5. Teh Hijau. Teh hijau mampu meningkatkan fungsi hati dengan bantuan zat katekin yang dikandung.
  6. Suplemen untuk hati harus rutin dikonsumsi. Penuhi mineral untuk membantu hati dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh seperti : Magnesium, Besi, Kalsium, Seng, Kalium, Selenium, Sodium, Tembaga.

Demikian pembahasan singkat mengenai Memelihara Kesehatan Hati lengkap dengan makanan dan minuman yang dianjurkan untuk memelihara kesehatan hati.



Terimakasih atas kunjungan Anda.

Semoga Bermanfaat!

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar